Polresta Pasuruan – Dalam rangka mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Bhabinkamtibmas Polsek Nguling Polres Pasuruan Kota door to door melaksanakan pengecekan ke kandang- kandang milik warga di Desa Sedarum Kec. Nguling Kab. Pasuruan, Sabtu (20/8/2022).

Dalam hal ini Kapolsek Nguling AKP Miftaful terjun langsung dengan di dampingi Bhabinkamtibmas guna mengetahui perkembangan terbaru penyebaran penyakit PMK di Kec. Nguling.

Kapolsek Nguling AKP Miftaful mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah pencegahan dan memastikan agar PMK tidak masuk ke Kecamatan Nguling Kab. Pasuruan.

“Karena maraknya PMK atau penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Jadi ini sebagai langkah antisipasi agar penyakit ini tidak masuk ke Kec. Nguling,” ujarnya.

Seperti diketahui, PMK disebabkan virus yang sangat menular pada hewan berkuku belah atau bercabang dua seperti sapi, babi, dan domba. Namun belakangan ini yang paling banyak terjangkit baru ternak sapi.

Kapolsek juga memberikan sosialiasi dan edukasi kepada peternak dan masyarakat untuk tidak panik terkait wabah penyakit PMK. Selanjutnya bila menemukan hewan ternaknya memiliki ciri – ciri penyakit PMK agar segera memisahkan hewan ternaknya dan segera melapor agar bisa segera ditangani.