Polresta Pasuruan – Dalam rangka Pengamanan Haul Ke 41 Al Maghfurlah KH. Abd Hamid bin Abdullah bin Umar, Polres Pasuruan Kota menggelar Rapat Koordinasi terakhir bersama instansi terkait yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sanika Satyawada Polres Pasuruan Kota. Rabu (28/9/2022)

Rangkaian kegiatan Haul yang di mulai pada tanggal 4 Oktober 2022 perlu persiapan matang bagi seluruh stakeholder atau instansi terkait. Baik dalam sarana atau prasarananya, karena haul KH. Abd Hamid merupakan even akbar bagi warga Pasuruan pada khususnya, serta bagi jamaah, alumni santri pondok pesantren Salafiah yang mengenal dan merasakan begitu dekat dengan sosok beliau.

Berbagai persiapan matang dilaksanakan oleh panitia. Mulai dari rapat koordinasi yang dilaksanakan di Pendopo Kota Pasuruan hingga pelaksanaan Rakor di Pondok Pesantren Salafiah.

Dan kali ini, Rapat Koordinasi dilaksanakan di Polres Pasuruan Kota dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, S.H., S.I.K., M.Si. sebagai rapat pemantapan terakhir sebelum acara pelaksanaan pada hari yang telah ditentukan.

Kapolres Pasuruan Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah rakor terakhir dan mari kita mantapkan pada pagi hari ini, agar pada waktu hari H tidak bingung untuk ploting-plotingan atau skema pengamanannya.

Rapat Koordinasi yang mengundang seluruh instansi mulai dari Pemerintah Kota Pasuruan, PCNU Kota pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, Bakesbangpol Kota Pasuruan, Dinkes Kota Pasuruan, Dishub Kota Pasuruan, Satpol PP Kota Pasuruan, BPBD Kota Pasuruan, Banser Pasuruan hingga Senkom RI Pasaruan.

Dalam rapat koordinasi tersebut membahas secara detail mulai dari penyiapan personel, penempatan personel, rencana penutupan atau pengalihan arus jalan raya, tempat untuk VVIP, penyiapan kantong-kantong parkir, tempat khusus untuk luberan jamaah hingga cara bertindak jika terjadi suatu permasalahan.

Tidak luput pula dalam pembahasan kali ini adalah penyiapan jalur emergency atau evakuasi, penempatan ambulace hingga pemadam kebakaran yang akan standbay dalam penggelaran Haul agar jika dibutuhkan dapat cepat dan tepat menuju sasaran yang dituju.

Penyampaian paparan dilaksanakan secara detail oleh Kabag Ops Polres Pasuruan Kota Kompol Tatuk yang memperlihatkan peta penempatan personel baik dari Polri, Ambulance, Mobil Damkar hingga personel dari instasi lain yang turut dilibatkan dalam kegiatan haul tersebut.

“Kami mohon bantuannya untuk istansi lain agar bersinergi dalam mengamankan acara haul pada tahun ini terutama untuk memgamankan simpul-simpul yang sudah di skema sedemikian.” Ucap Kabag Ops.

Seluruh Instansi yang datang menyatakan dukungan penuh terhadap apa yang dipaparkan oleh Polres Pasuruan Kota baik dalam penggunaan Personel secara maksimal maupun dukungan materiil kelengkapan dalam Haul KH. Abd Hamid ke 41.

“Untuk semua anggota yang sudah ditempatkan di simpul masing-masing harus waspada dengan lingkungan sekitarnya untuk kelancaran kegiatan Haul KH Abd Hamid. Semoga acara Haul tahun ini bisa berjalan dengan aman kondusif tidak ada satupun kekurangan.” Tutup Kapolres.