Polresta Pasuruan – Operasi Zebra 2022 yang dilaksanakan serentak seluruh Jajaran Kepolisian Republik Indonesia dimulai pada hari ini tanggal 3 s/d 16 Oktober 2022.

Polres Pasuruan Kota mengadakan kegiatan Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2022 yang dihadiri Forkopimda Kota Pasuruan, Anggota TNI Kodim 0819, Anggota Dishub Kota Pasuruan, Anggota Satpol PP Kota Pasuruan dan Senkom Pasuruan. Senin (3/10/2022).

Sebelum mengawali pembacaan amanat Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, S.H., S.I.K., M.Si. menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang dan bersama-sama mengheningkan cipta untuk mendoakan para korban yang telah meninggal dunia.

Adapun amanat Kapolda Jatim yang dibacakan Kapolres Pasuruan Kota menekankan :

  1. Laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas;
  2. Kedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung pola kegiatan penegakan hukum lantas secara elektronik dengan menggunakan etle statis dan mobile, teguran serta tidak diperbolehkan melaksanakan penegakan hukum lantas secara manual stationer;
  3. Laksanakan kegiatan operasi dengan penuh simpatik dan humanis serta tetap mematuhi protokol kesehatan;
  4. Hindari tindakan dan perilaku ataupun sikap yang menimbulkan hal-hal yang kontra produktif terhadap citra polri;
  5. Laksanakan manajemen media secara optimal sehingga dapat meningkatkan citra polri di masyarakat;
  6. Lakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder sehingga dapat membangun sinergitas yang baik, untuk mewujudkan jawa timur yang aman, nyaman, dan damai;
  7. Jaga kesehatan dan tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kapolres Pasuruan Kota menghimbau kepada warga Masyarakat Kota Pasuruan agar selalu tertib berlalu lintas apalagi kita saat ini akan menghadapi even akbar yaitu Haul Kh Hamid ke 41, dimana masyarakat saling berbondong-bondong datang ke Kota Pasuruan dan Polri sedang melaksanakan Operasi Zebra 2022.

“Maka dari itu bagi masyarakat yang datang dihimbau untuk melengkapi surat-surat maupun kelengkapan kendaraanya, memakai helm SNI bagi kendaran roda dua dan tidak menggunakan kendaraan angkutan barang untuk mengangkut jamaah.” pungkas Kapolres.