KANTOR POLRES PASURUAN KOTA
Mako Polres Pasuruan Kota

Wilayah Pasuruan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Kota Pasuruan dan dan Kabupaten Pasuruan, dulu Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan masih menjadi satu wilayah hukum Polres Pasuruan, dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Polri untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa lebih profesional dan proporsional, sejak tahun 2004 berdasarkan Keputusan Kapolri No Pol. : Kep/30/VI/2004, tanggal 30 Juni 2004 tentang pembentukan 109 Polres dengan status Polres Persiapan, maka berdirilah Polres Persiapan Kota Pasuruan.

Mengingat dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kota Pasuruan, berdasarkan surat Keputusan Kapolda Jatim No Pol. : Skep/976/XII/2004, tanggal 21 Desember 2004 tentang pengukuhan 4 (empat) Polres Persiapan Kota Pasuruan di wilayah Polda Jatim, maka Polres Persiapan Kota Pasuruan dikukuhkan dan bertempat di Jalan Balai Kota no 3 Kota Pasuruan yang dahulu adalah bangunan milik Polres Pasuruan dan memiliki 3 (tiga) Polsek antara lain Polsek Gadingrejo, Purworejo dan Bugul kidul dengan type B1 yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Selanjutnya pada tahun 2006 Polres Persiapan kota Pasuruan menjadi Polres Defnitif menjadi Polres Kota Pasuruan berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No. Pol : Skep/20/VI/2006 tanggal 28 Juni 2006 tentang peningkatan status 33 Polres Persiapan menjadi Polres defnitif Type B2. Polres Kota Pasuruan pada tahun 2006 hanya memiliki aset berupa Gedung Mapolresta Pasuruan yang terletak di Jalan Balai Kota Pasuruan No 3 Pasuruan dengan luas tanah 1.840 m2 dan luas bangunan 640 m2 yang didalamnya terdapat Kantor Satpas Polres Kota Pasuruan berdasarkan Surat Keputusan No Pol : Skep/181/ III/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Pendirian Satuan Penerbit Administrasi Surat ijin Mengemudi, sedangkan Polsek Gadingrejo status kantornya masih sewa, Polsek Bugul Kidul status Kantornya pinjam Pemerintah Kota Pasuruan dan Polsek Purworejo sudah menempati Kantor Satpas Polres Pasuruan yang sudah dihibahkan ke Polres Pasuruan Kota.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter